10 Tumbuhan Paling Unik Di Dunia, Dua Dari Indonesia

Maret 05, 2020 cabehias 0 Comments


10 Tumbuhan Paling Unik Di Dunia, Dua Dari Indonesia


Alam semesta benar-benar menaruh kekayaan jiwai mengagumkan. Tiap pojok lokasi di dunia ini, memiliki kekhasan flora yang ternyata berlainan.

Apa saja tumbuhan yang fantastis itu? Mongabay Indonesia udah meringkas 10 tumbuhan unik yang pasti akan bikin kita tambah menyintai planet bumi ini dengan semua didalamnya.

1. Pohon Raksasa Baobab

Berikut pohon jatidiri negara pulau paling besar di dunia, Madagaskar. Nama Baobab umum dipakai untuk genus Adansonia yang terbagi dalam delapan spesies pohon. Pohon ini pula ada di sejumlah negara di Afrika serta Australia.

Baobab

Baobab kerap disebut pohon botol. Tidak sekedar jual benih cabe hias memiliki bentuk yang serupa botol, tetapi juga lantaran kemampunannya menaruh beberapa ribu liter air pada batangnya. Pohon ini lantas miliki periode hidup yang panjang, ialah sampai lebih dari 1.000 tahun.

2. Pohon Darah Naga

Pohon darah naga (Dracaena Cinnabari) yaitu tumbuhan endemik kepulauan Socotra di Yamana. Pohon yang pertama-tama digambarkan oleh Isaac Bayley Balfour tahun 1882 ini berupa payung dengan dahannya yang banyak.

Pohon darah naga. Sumber:

Pohon ini disebut darah naga lantaran getah merah darahnya yang keluar dari batangnya. Orang dahulu kala memakai getah ini jadi obat pewarna.

3. Victoria Amazonica, Sang daun Raksasa

Berikut tanaman bunga paling besar dari keluarga Nymphaeaceae atau Water Lilies. Yang fantastis dari tanaman ini yaitu daunnya yang lebar, sampai berdiameter 3 mtr., dengan ujung ke atas hingga tak tumpang tindih dengan daun lain. Sisi bawahnya berduri yang berperan halangi satwa apa saja untuk mengonsumsinya.

Victoria Amazonica

Kekhasan yang lain, daun yang mengambang di atas air ini sanggup mencegah beban sampai 50 kg. Bunganya lantas termasuk besar (diameter 40 cm), yang cuma dapat disaksikan malam hari. Tumbuhan unik yang buat kamu kagum ini bisa diketemukan di cekungan Sungai Amazon, Amerika Selatan.

4. Tumbuo

Tanaman namanya latin Welwitschia mirabilis ini sangatlah fantastis. Tumbuo cuma terbagi dalam dua daun, satu tangkai kukuh, serta akar. Hanya itu! Dua daun itu terus tumbuh sampai mirip surai berbulu bagaikan di film alien.

Tumbuo

Tangkai pohonnya tak tumbuh ke atas, tetapi cuma mengeras yang tingginya lebih kurang 2 mtr. dengan lebar 8 mtr.. Diprediksikan, umurnya dapat raih 1.500 tahun walaupun hidup dalam keadaan situasi paling ekstrim sekalinya.

Tumbuhan yang cuma diketemukan di wilayah kecil di gurun Namibia serta selatan Angola ini dapat bertahan lima tahun lamanya tiada hujan. Penduduk lokal menjuluki tumbuo dengan panggilan Onyanga, yang bermakna bawang gurun.

5. Angrek Wajahnya Monyet

Nama ilmiah bunga ini yaitu Dracula simia. Dracula berarti naga kecil seperti yang kelihatan pada dua taji panjangnya yang mirip naga. Simiamerupakan makna yang menerangkan bila bunga ini mirip seekor monyet.

Dracula Simia

Anggrek monyet ini umumnya tersembunyi pada ketinggian hampir 2.000 mtr. di rimba tenggara Peru serta Ekuador.

6. Bunga Bibir

Tanaman ini namanya Psychotria elata. Tanaman kecil yang tumbuh di rimba tropis ini miliki bunga yang diketahui dengan panggilan bunga bibir lantaran mirip bibir wanita bergincu merah.

Bunga bibir. Sumber:

Diketemukan di rimba hujan tropis di Amerika Tengah serta Selatan seperti Kolombia, Kosta Rika, Panama serta Ekuador, tanaman ini kelihatannya udah berevolusi hingga miliki bentuk unik. Menariknya , warna merah merayu adalah daya tarik khusus untuk memancing datangnya banyak penyerbuk seperti burung kolibri serta kupu-kupu.

7. Hydnora Africana

Hyndora Africana merupakan satu tanaman paling unik di Afrika sisi selatan, yang pasti di pesisir barat Namibia, ke utara selama Swaziland, Botswana, sampai Ethiopia. Kalau disaksikan dengan kasat mata, Hyndora Africana gak kelihatan seperti satu tanaman yang baik di tanam di rumah. Biarpun begitu, memiliki bentuk yang termasuk aneh bikin tanaman ini kelihatan fantastis.

Hyndora Africana. Sumber:

Serta, sejumlah spesies dari tanaman ini serupa dengan jamur. Hydnora africana tak tumbuh jadi tanaman yang bisa dibudidayakan lantaran ketergantungan hidupnya pada tanaman inangnya. Di alam liar, dia tumbuh lewat benih yang disebarkan oleh burung serta mamalia kecil.

8. Bunga Bangkai

Bunga bangkai raksasa. Sumber:

Bunganya begitu besar serta tinggi, berupa seperti lingga (sebetulnya yaitu tongkol) yang dikelilingi oleh seludang bunga yang mempunyai ukuran besar. Bunganya berumah satu serta protogini: bunga betina reseptif terlebih dulu, lantas diikuti masaknya bunga jantan, jadi proses untuk menahan penyerbukan sendiri.

Waktu ini, bunga bangkai menyebar di seluruh dunia, khususnya dipunyai oleh kebun botani atau penangkar-penangkar spesialis. Khasnya, banyak pengunjung yang ada malahan ingin menikmati” baunya itu.

9. Rafflessia

Rafflesia atau bunga padma raksasa adalah satu diantara kekayaan keragaman jiwai yang ditemui di rimba tropis Indonesia. Rafflesia adalah bunga yang bisa keluarkan berbau busuk. Akan tetapi, penduduk kerap tertukar dengan penyebutan bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum).

Rafflesia. Sumber:

Biarpun saling memiliki bau bangkai, model rafflesia (rafflesia spp) serta bungai bangkai raksasa adalah model yang berlainan. Bila rafflesia bentuk bunganya melebar, jadi bunga bangkai raksasa miliki bunga tinggi memanjang. Bila rafflesia adalah tumbuhan endoparasit, jadi bunga bangkai adalah tumbuhan seluruhnya yang berubah dari umbi. Indonesia, tertulis jadi rumah untuk 17 spesies rafflesia.

10. Pando

Selintas, nampaknya tak ada yang spesial dengan pohon-pohon itu lantaran kelihatan semata-mata pohon-pohon mempunyai ukuran biasa di rimba Fishlake National Park, Utah. Akan tetapi, lantaran pengujian genetik, diketahui jika rimba yang mencakup ruangan seluas 46 hektar ini sebetulnya yaitu organisme klonal tunggal yang tumbuh dari benih tunggal kuno. Pohon ini menebar lantaran akarnya yang sanggup berkirim tunas yang tumbuh jadi apa yang kelihatan seperti pohon individu.

Pohon Pando

Lantaran semua pohon di rimba ini (semunya lebih kurang 47.000 pohon) yaitu sisi dari organisme yang sama, jadi tabiat rimba ini pula mengagumkan. Semisalnya, semuanya rimba bertukar berbarengan dari musim dingin ke musim semi serta pemakaian jaringan akar yang luas untuk mendistribusikan air serta nutrisi dari pohon-pohon yang miliki kelebihan air ke pohon-pohon yang kekurangan.

-

0 komentar: